Pemkab Malang Jalin Kerja Sama dengan TNI AL

Kab. Malang – Upaya percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Malang dalam pelaksanaan proyek strategis Nasional mendapat dukungan dari TNI Angkatan LAut, hal ini didasari atas dilakukannya penandatanganan perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan TNI Angkatan Laut.

TNI Angkatan Laut menyerahkan hibah aset tanah seluas 5.142 meter persegi untuk pelebaran jalan yang berada di wilayah Desa Bantur dan Desa Srigonco, Kecamatan Bantur.

Penandatanganan Kerjasama ini dilakukan oleh Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M bersama Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Eko Sunarjanto di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Rabu (3/1/2024)

Bupati Malang menyampaikan, terima kasih dan berharap perjanjian kerjasama ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap upaya percepatan pembangunan utamanya dalam hal pelaksanaan Proyek Strategis Nasional berupa Peningkatan Jalan Nasional Gondanglegi – Pantai Balekambang.

“Merupakan anugerah untuk kita semua, Kabupaten Malang mendapat anugerah Proyek Strategi Nasional jalan Gondanglegi Balekambang menjadi jalan nasional. Syukur alhamdulillah juga, TNI Angkatan Laut menyambut baik proyek nasional ini, dan terima kasih telah menghibahkan 5.124 meter persegi untuk kepentingan nasional” ucap Bupati Malang

Menurut Sanusi, proyek strategis nasional merupakan program yang dilaksanakan Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan badan usaha. Dalam praktiknya, proyek strategis tersebut harus memiliki dampak terhadap peningkatan, pertumbuhan dan pemerataan pembangunan serta memberikan dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.

“Adapun penandatanganan perjanjian kerja sama tentang hibah tanah ini, merupakan langkah progresif dalam mewujudkan konektivitas infrastruktur yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Malang. Kerja sama ini, sekaligus mencerminkan semangat kolaborasi yang erat antara Pemerintah Daerah dengan Aparat Pertahanan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mobilitas masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Fasilitas Pangkalan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Eko Sunarjanto dalam kesempatannya mengatakan, perjanjian kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan TNI AL berkenaan dengan hibah tanah seluas 5.124 meter persegi di Desa Srigonco dan Desa Bantur, Kecamatan Bantur. Di sisi lain, peningkatan Jalan Nasional Gondanglegi – Balekambang.

“Diharapkan ini membawa dampak positif yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi, peningkatan aksesibilitas, dan percepatan pengembangan wilayah,” harapnya.

Ditambahkannya, langkah ini sejalan dengan komitmen Pemkab Malang untuk memperkuat infrastruktur yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan serta pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Kabupaten Malang.

“Selain itu, dilakukan proses tukar menukar hibah, bahwa Pemkab Malang juga menghibahkan 1 unit kendaraan dinas untuk operasional Lantamal V,” imbuhnya.

Hibah ini, terangnya, dilakukan TNI Angkatan Laut dalam menyukseskan program pembangunan Proyek Strategis Nasional sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Dari Gondanglegi ke Balekambang ada pelebaran jalan tangan kiri 2,5 meter sepanjang 2 km, diserahkan ke Pemkab Malang,” tandasnya.

Hadir pada kegiatan ini, Komandan Lantamal V Brigjen TNI (Marinir) Joni Sulistiawan, SH M. Han, Danlanal Malang, dan sejumlah pejabat TNI Angkatan Laut, serta Pj Sekretaris Daerah, Asisten Sekda dan sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed