Polres Malang Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2023

Kab. Malang – Dalam upaya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan kepolisian, Polres Malang menggelar konferensi pers akhir tahun 2023 di Gedung Sanika Satyawada, Mapolres Malang, pada Selasa (26/12/2023). Acara ini dipimpin langsung oleh Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, serta diikuti para pejabat utama Polres dan perwakilan awak media dari berbagai platform.

Kapolres Malang AKBP Kholis dalam rillisnya menyampaikan, pencapaian luar biasa masing-masing kesatuan, termasuk Sat Reskrim, Sat Narkoba, dan Satlantas. Salah satu sorotan utama adalah program Jum’at Curhat yang menjadi prioritas Kapolres Malang, sebagai wadah untuk mendengarkan masukan dan keluhan masyarakat.

Selama tahun 2023, Polres Malang mencatatkan sebanyak 1522 kegiatan yang melibatkan Polres Malang dan Polsek Jajaran. Kegiatan Jumat Curhat merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan untuk menyerap aspirasi dan memberikan solusi langsung kepada masyarakat.

“Kegiatan Jumat Curhat yang sudah kami lakukan sebanyak 1.522 kegiatan dimana kegiatan tersebut bertujuan menyerap aspirasi dan memberi solusi kepada masyarakat,” kata AKBP Putu Kholis di Polres Malang, Selasa (26/12/2023).

Kapolres Malang juga mengungkapkan, prestasi gemilang dalam penyelesaian kasus kriminal. Dari total 1.140 kasus yang ditangani, pihaknya berhasil menyelesaikan 1.123 kasus, mencapai tingkat keberhasilan sebesar 11 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Masih menurut Kapolres Malang, peningkatan juga terlihat dalam penanganan kasus kejahatan terhadap kelompok rentan, seperti perempuan dan anak-anak. Dari 310 kasus berhasil terselesaikan sebanyak 226, tingkat penyelesaian kasus ini mengalami kenaikan menjadi 73 persen, melampaui angka tahun sebelumnya sekitar 66 persen.

“Saat ini masyarakat mulai terbuka dalam melaporkan KDRT, Pelecehan Seksual dimana sebelumnya kelompok rentan ini tidak berani melapor,”bebernya.

Kapolres AKBP Putu Kholis mengungkapkan bahwa, keberhasilan ini tidak lepas dari faktor-faktor seperti pelaksanaan program Jumat Curhat secara rutin. Masyarakat terlibat aktif dalam memberikan masukan, yang secara positif mempengaruhi penurunan kejadian pencurian dan peningkatan penyelesaian kasus.

“Kejadian Perkara Pencurian mengalami penurunan dan Penyelesaian Perkara mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan peran aktif masyarakat dalam menjaga tempatnya,” ungkapnya.

Dengan capaian prestasi tersebut, Polres Malang berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menjaga keamanan bersama. Konferensi pers ini memberikan gambaran konkret mengenai upaya Polres Malang dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh warga Kabupaten Malang. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *