IMG-20180904-WA0004

sadapnews.com
Fakfak – Papua Barat: Bertempat di bollroom Hotel Grend Papua lantai I jalan Di Panjaitan distrik Fakfak Kabupaten Fakfak, Senin siang (3/9/18) Wit yang dipimpin langsung oleh Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak Bapak Gondo Suprapto,M.Si kegiatan tersebut dihadiri oleh 25 Orang Peserta.

Yang intinya sebagai bagaimana yang dimaksud dalam prosentase cakupan dana BOK puskesmas dari januari hingga juni 2018 telah mencapai 40-43% sebagaimana dalam hal penggunaan dana yang seharusnya mencapai 50% dengan kendala – kendala masih adanya beberapa program yang masih dibawah target,seperti P2P (Pencegahan Penyakit Menular),Recause Rubella yang masih baru berjalan di bulan sepuluh.

Pada pengunaan dana yang cukup banyak akan terserap di bulan delapan dan sepuluh.

Semisalnya dana yang di berikan dari dana BOK kepada puskesmas Karas sebesar 600 juta dengan jumlah tiap-tiap Puskesmas dalam pengunaan sampai pada bulan yang ke-6 masih 40% itu pun belum maksimal yang semestinya 50% atau 250 juta.

Kedepannya itu dari penggunaan dana tersebut harus dapat di pertangung jawaban hingga untuk mendapatkan dana BOK, program dalam tahab berikutnya,dan apa yang belum tercapai dan dapat meningkatkan lagi agar serta hasil kedepannya dapat menolong masyarakat lebih banyak.

Untuk mencapai prosentase 100% basis pelayanan harus ditingkatkan lagi serta kerja keras untuk memaksimalkan program-program yang di buat.

Letak geografis untuk menjangkau masyarakat dan sarana Transportasi yang kurang memadai dan menjadi kendala dalam Pelaksanaan program BOK.

Perbaikan sarana – sarana ,alat pendukung Kesehatan seperti timbangan serta alat tensi,dan adanya kendala dilapangan.

Dana semua ada di Puskesmas tidak pada kepala dinas,dana yang sedikit tetapi dengan program yang banyak tidak dapat memenuhi apa yang menjadi program dari kepala dinas kesehatan yang lebih baik untuk membawa nama baik kabupaten Fakfak.

Ferivikasi dinas kesehatan sangat tergantung pada kepala puskesmas, kepercayaan dikampung di berikan menjadi kebijakan dari pekerjaan yang terus menerus dilaksanakan sambil menunggu keputusan dari Bupati.

Kedepan dihadapan dengan tahun politik petugas lapangan diharapkan tetap pada prinsipnya bekerja secara teknis serta berharap dari 1,4 triliun dana DAK,Otsus,Non Fisik dan Dinas Kesehatan ada 1 Miliar. Uang program sebagai tambahan untuk pertanggung jawaban dalam .Program tersebut.

Rencana tidak lanjut yang di laksanakan kedepanya sebagai berikut adalah: Sasaran indikator yang di laksanakan kerja tinggal, 4 bulan lagi.

Program dengan gangguan jiwa,,penyakit regenratif.Dia betes,jantung,dan darah tinggil.

Menyusun standar teknis p ko Hutrogram dan menetapkan standar yang di laksanakan serta seluruh kegiatan ditanda tangani bersama oleh kepala puskesmas dalam pedoman kerja di empat bulan kedepannya,dan serta dibutuhkan ketetapan waktu dan dan revisi yang ada untuk di bulan Desember sehingga dapat di selesaikan Tutur Gondo.(Amatus Rahakbauw+ team ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here